Petugas Puskesmas Kecamatan Sukmajaya didampingi Lurah Mekarjaya saat melakukan pengasapan di RW 07. (Istimewa)

depok.go.id-Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, aktif memberikan imbauan kepada warganya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Selain memberikan sosialisasi di berbagai kesempatan, pihak kelurahan juga melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) sebagai tindakan konkret untuk mencegah DBD.

“Kita melakukan kegiatan-kegiatan PSN, baik secara langsung atau pun tidak langsung. Seperti sosialisasi di masyarakat, kita berdayakan juga media sosial. Termasuk, melakukan pengasapan (fogging) yang kemarin kita laksanakan di RW 07,” ujar Lurah Mekarjaya, Ahmad kepada depok.go.id, Senin (04/02/2019).

Menurut Ahmad, kegiatan pengasapan merupakan solusi yang sifatnya sementara (temporer). Sebab, fogging hanya membunuh nyamuk aedes aegepty yang dewasa. Sementara jentik-jentiknya, hanya bisa diberantas dengan melakukan 3M Plus, yaitu menguras penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

“Selain itu, bisa juga kita menambahkannya dengan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau lotion anti nyamuk, dan menggunakan kelambu,” katanya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :