Ilustrasi Gedung Puskesmas Cimanggis. (Foto: Bima/Diskominfo)

depok.go.id-Sejumlah persiapan dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis dalam menghadapi akreditasi ulang dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di tahun 2019. Akreditasi ulang ini merupakan upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Kota Depok.

Kepala UPT Puskesmas Cimanggis, Lina Herliana mengatakan, persiapan sudah dilakukan mulai awal tahun 2019. Persiapan itu seperti melihat kembali dokumen yang sudah disusun sebelumnya dan menyelesaikan perbaikan yang sebelumnya direkomendasikan oleh tim penilai.

“Kami akan melakukan perbaikan dari hasil penilaian akreditasi sebelumnya yang sudah diberikan tim penilai akreditasi dari Kemenkes,” tuturnya kepada depok.go.id, Senin (04/03/19).

Dikatakan Lina, perbaikan dimulai dari tata naskah, visi dan misi tata nilai, serta penyempurnaan Standar Operasional Prosedur (SOP). Selain itu akan dilakukan perbaikan sarana dan prasarana jika dibutuhkan.

Dalam hal ini, lanjutnya, untuk memaksimalkan persiapan, Puskesmas Cimanggis juga akan didampingi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dan Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Kami akan dibantu Dinkes Depok dan Jabar agar persiapan dan pelayanannya dpat lebih optimal,” kata Lina.

Dirinya berharap dengan upaya dan persiapan yang dilakukan, status akreditasi di Puskesmas Cimanggis bisa meningkat dari Madya menjadi Paripurna. Tentunya diharapkan adanya dukungan dari seluruh elemen terkait yang ada di Kecamatan Cimanggis.

Untuk diketahui, seluruh Puskesmas di Kota Depok yang sudah diakreditasi, setiap tiga tahun sekali akan kembali menjalani akreditasi ulang. UPT Puskesmas Cimanggis sebelumnya sudah melakukan akreditasi pada 2016, dan untuk 2019 akan dilakukan akreditasi ulang.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :