puskesmas sawangan_2

Tenaga medis, paramedis UPT Kecamatan Sawangan. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan sudah cukup siap untuk mendapatkan penilaian akreditasi. Kesiapan itu, tidak hanya dari sisi gedung dan sarana pendukung lainnya. Tapi, juga dari seluruh tenaga medis, paramedis, dan pegawai lainnya yang kompak mengerjakan seluruh persiapan penilaian akreditasi.

“Komitmen kami untuk mendapatkan akreditasi Puskesmas Sawangan, pada dasarnya bukan hanya tugas satu atau dua orang saja. Tapi, menjadi tugas bersama, seluruh petugas di Puskesmas Sawangan,” ujar Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herlina, saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (04/04/2017).

Lebih lanjut Elin menjelaskan, dalam akreditasi nanti, Puskesmas Sawangan akan dinilai dari sisi administrasi dan menajemen, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan Usaha Kesehatan Perorangan (UKP). Untuk penilaian UKM meliputi program yang esensial pada masyarakat dan kesehatan masyarakat. Sedangkan untuk UKP, penilaian lebih kepada pelayanan ke dalam gedung, kualitas pelayanan, dan Standard Operational Procedure (SOP).

Menurutnya, pengurusan akreditasi untuk Puskesmas Sawangan ini untuk kepentingan bersama. Namun, standar pelayanan berkualitas, terukur, dan berjalan dengan benar, juga jadi tujuan utama Puskesmas Sawangan.

“Masyarakat akan mendapat pelayanan yang berkualitas dari Puskesmas Sawangan. Sedangkan untuk internal Puskesmas, dengan akreditasi ini aktivitas dan pelayanan yang diberikan ke masyarakat sudah berdasarkan sistem yang jelas,” tambahnya.

Dia menambahkan, selain komitmen dari internal Puskesmas, dalam menyukseskan akreditasi pihaknya juga akan mengundang lintas sektoral untuk mengadakan komitmen yang sama.

“Keempat akreditasi Puskesmas yang akan didapat di antaranya tingkat dasar, madya, utama, dan paripurna, inginnya dapat yang paripurna. Untuk itu, selain komitmen internal dibutuhkan komitmen lintas sektoral yang terdiri dari Posyandu, Posbindu, Pos Gizi, maupun fasilitas kesehatan lainnya yang berada di wilayah kerja UPT Puskesmas Sawangan, kita harus bersama-sama menyukseskan akreditasi ini,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :