kadis dinsos_2

Kepala Dinsos Kota Depok, Kania Parwanti. (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.id – Warga prasejahtera di Kota Depok kini bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan cara mudah. Mereka yang belum terdaftar sebagai warga prasejahtera, dapat mengajukan bantuan beras sejahtera (rastra) ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok di Gedung Dibaleka II, ruang pelayanan lantai 1.

Kepala Dinsos Kota Depok, Kania Parwanti menjelaskan, pihaknya rutin melakukan pembaruan data terkait jumlah masyarakat prasejahtera di Kota Depok. Pembaruan data ini dilakukan agar bantuan rastra tepat sasaran. Begitu pun bagi warga yang belum terdaftar, bisa mengajukan diri untuk selanjutnya dilakukan verifikasi data terlebih dahulu.

“Selama enam bulan sekali kami update data warga prasejahtera di Kota Depok, bagi yang belum terdata dapat mengajukan langsung dan akan disampaikan ke Kementerian Sosial,” jelasnya saat ditemui di ruang kerja, Selasa (04/04/2017).

Untuk pengajuannya sendiri, kata Kania, masyarakat dapat membuat surat pernyataan. Selanjutnya, diserahkan ke Dinsos dengan menyertakan nama dan alamat yang jelas, serta Kartu Keluarga dan KTP asal Depok.

Selanjutnya, pihak Dinsos akan melakukan pengecekan data warga tersebut di Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT). Jika data warga belum ada pada PBDT, akan dilakukan pengecekan langsung oleh pihak Dinsos terkait warga tersebut. Kemudian, data akan disampaikan langsung ke pemerintah pusat.

“Kami yang punya kewenangan mengecek, tapi persetujuannya ada di Kementerian Sosial untuk mendapatkan rastra,” tambah Kania.

Jika data sudah disetujui oleh pemerintah pusat, maka warga tersebut dapat segera memperoleh bantuan rastra dari Kementrian Sosial Republik Indonesia. Nantinya bantuan berupa kartu yang telah berisi saldo sebesar Rp 110 ribu, yang nantinya bisa dibelikan kebutuhan pokok seperti beras dan gula.

Penulis: Indri
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :