Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida saat memberikan pembinaan kepada kelompok UP2K Kelurahan Tapos yang akan berlaga dalam lomba tingkat nasional, Rabu (04/04/18). (Foto: Jose/Diskominfo)

depok.go.id- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok gencar melakukan pembinaan kepada para kader di wilayah. Salah satunya dengan membina Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, yang akan berlaga ke tingkat nasional. Keberhasilan tersebut diraih setelah mereka berhasil memenangkan juara pertama UP2K di tingkat Jawa Barat.

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida mengatakan, program UP2K ini sebagai salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dalam menyukseskan UP2K ini, dibutuhkan kebersamaan dalam setiap proses yang dijalankan.

“Kami sudah biasa memberikan pembinaan dan berbagai pelatihan dengan menggandeng dinas-dinas terkait atau lewat PKK tingkat kota secara independen. Ini merupakan salah satu hasil yang diupayakan dengan maksimal hingga ke tingkat provinsi dan kami harap dapat memperoleh hasil terbaik,” tutur wanita yang kerap disapa bunda Elly tersebut kepada depok.go.id, usai memberikan pembinaan kepada kelompok UP2K di aula kantor Kelurahan Tapos, Rabu (04/04/2018).

Menurut Bunda Elly, selain melakukan pembinaan rutin, pihaknya juga terus konsen kepada peningkatan mutu produk yang diproduksi oleh kelompok UP2K agar dapat dipasarkan secara luas. Hal itu agar dapat dilihat baik dari segi pengemasan, kualitas produk, maupun perizinan.

“Kami juga sedang merapikan dokumentasi, arsip, dan semua data yang ada di UP2K Kelurahan Sukatani. Targetnya hari Jumat (06/04) sudah dikirim ke PKK Provinsi Jawa Barat, nanti dari provinsi yang akan mengirimkannya ke nasional,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Tapos, Hasanuddin menjelaskan, keberhasilan UP2K yang ada di Kelurahan Tapos merupakan hasil keterpaduan pembinaan yang rutin mulai dari PKK di tingkat kelurahan, kecamatan, hingga Kota Depok. Menurutnya, untuk persiapan maju ke lomba tingkat nasional, peran elemen tersebut sangat besar dinilai manfaatnya.

“Mudah-mudahan dengan segala upaya dan persiapan yang sudah dilakukan bisa menghasilkan capaian optimal di tingkat nasional,” tandasnya.

 

 

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :