depok.go.id-Komunitas Depok Banget (KDB) yang digawangi sivitas akademika memiliki komitmen untuk memanfaatkan ilmunya dengan mengabdikan diri di tengah masyarakat. Berdasarkan hasil penilaian (assesment), KDB memutuskan untuk memulai langkah tersebut di RW 04 Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung selama lima tahun.

Ketua KDB, Alfian Tegar Prakasa mengatakan, keputusan tersebut didasarkan pada rekomendasi dari pemangku kepentingan di kelurahan. Selama lima tahun, KDB juga melakukan survei langsung ke lapangan terkait kebutuhan utama dalam pemberdayaan masyarakat.

“Selama lima tahun ini, kita konsen membangun tiga isu utama. Yaitu soal kesehatan, ekonomi, dan ketahanan keluarga di lingkungan RW 04 Kelurahan Pondok Jaya,” katanya, kepada depok.go.id, Sabtu (04/05/19).

Lebih lanjut, ucap Tegar, ke depan KDB bakal mengadakan berbagai kegiatan yang bersifat pembinaan. Misalkan, di aspek kesehatan mereka akan memberikan sosialisasi di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) atau Pos Binaan Terpadu (Posbindu). Kemudian, bisa juga pemberdayaan ekonomi dengan mengadakan pelatihan manajemen keuangan.

“Untuk tutornya, kami memiliki beberapa mahasiswa yang studinya terkait dengan konsen komunitas. Seperti mahasiswa yang studi di jurusan kesehatan, ekonomi dan administrasi niaga,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, saat ini pengurus KDB ada 40 orang, dengan latar belakang pendidikan yang beragam. Lalu, sekitar 80 persen dari jumlah tersebut berstatus mahasiswa di perguruan tinggi.

“Komunitas kami berbasis pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Karena itu agar hasilnya maksimal kami konsentrasi di lokasi khusus (lokus) selama lima tahun,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :