depok.go.id-Gerakan pengurangan kantong belanja plastik terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Termasuk dengan mengajak dunia usaha dan masyarakat untuk beralih menggunakan kantong belanja yang ramah lingkungan.

“Untuk itu, tadi saya juga membawa tas belanja sebagai contoh bagi masyarakat. Agar ke depan kita bisa secara masif mengurangi penggunaan plastik belanja,” tutur Wali Kota Depok, Mohammad Idris kepada depok.go.id, usai menghadiri Turnamen Skateboard Piala Wali Kota di alun-alun Kota Depok, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Sabtu (04/05/2019).

Dikatakan Mohammad Idris, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, pihaknya akan semakin gencar melaksanakan gerakan pengurangan kantong belanja plastik. Baik kepada komunitas maupun para Ibu Rumah Tangga (IRT).

“Intinya kita tidak akan mengeluarkan aturan terkait ini, sebelum ada kesadaran dari masyarakat. Minimal tingkat kesadarannya 10 persen, baru kita keluarkan aturan,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, sampah plastik memiliki dampak besar terhadap pencemaran lingkungan. Sebab, menurutnya, limbah plastik membutuhkan waktu yang lama untuk diurai.

“Kemarin kita coba menggali sampah yang ada di TPA Cipayung hingga kedalaman 20 meter, ternyata sampah plastik yang sudah terkubur sejak TPA ini didirikan masih utuh. Hal ini menunjukkan bahwa sampah plastik sangat berbahaya bagi kehidupan,” ucapnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :