yogi kardus kapal

Walikota Depok (kanan) mengunjungi stand komunitas pengrajin kardus bekas dan memberikan apresiasi kepada peserta pameran, atas karyanya yang unik, Rabu (03/06/15).

depok.go.id – Banyak pelaku industri yang memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan benda bernilai seni dan berdaya jual tinggi. Namun, tidak banyak ide kreatif unik yang muncul dan menjadikan barang tersebut khas dan langka.

Di tangan bocah kelas 10, kardus bekas mampu Ia sulap menjadi pajangan dengan nilai artistik tinggi. Adalah Yodi Darmawan, seorang siswa Masjid Terminal (Master) yang mampu mengubah kardus menjadi berbagai bentuk kapal dan anjungan.

Awalnya, lelaki berusia 17 tahun itu memiliki hobi menggambar. Namun, imajinasinya hanya sebatas kapal-kapal laut, seperti kapal minyak, kapal pesiar, kapal selam, kapal perang serta anjungan. Kini, hasil gambar itu Ia tuangkan menjadi kreasi unik yang dapat dipajang.

“Saya suka gambar dari kelas 6 SD, dengan dukungan dari Ayah (Daroji). Karya saya mulai menarik minat pembeli dan pernah laku hingga 2 juta per karya,” ujar Yodi saat pameran Industri Kreatif 2015 di Area Balai Kota Depok, Kamis (04/06/15).

Hanya bermodal sisa kardus dari warung, gunting, lem, serta penggaris, lelaki ini mampu membuat berbagai bentuk dengan proses pembuatan maksimal selama satu bulan. Adapun harga kapal-kapalan ini di bandrol mulai dari 500 ribu hingga 2 juta rupiah, tergantung tingkat kerumitan dari bentuk kapal atau anjungan.

Dirinya berharap, dengan seringnya ia mengikuti pameran-pameran, mudah-mudahan karyanya dapat dikenal hingga tingkat nasional sampai mancanegara. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :