Ilustrasi pemeriksaan jentik nyamuk yang dilakukan kader kesehatan. (Foto: Istimewa)

depok.go.id- Upaya memberantas penyakit chikungunya terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok termasuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis. Salah satunya dengan terus mengingatkan kepada para kader untuk melakukan pemeriksaan jentik nyamuk secara berkala di setiap rumah warga.

Kepala UPT Puskesmas Cimanggis Umi Zakiati mengatakan, wabah chikungunya berasal dari genangan air yang tidak mengalir dan lingkungan yang tidak bersih. Dengan pemeriksaan jentik di setiap rumah, kader dan warga dapat mengetahui tempat kotor yang tergenang air untuk langsung dibersihkan.

“Kader memiliki tugas penting dalam memberantas chikungunya karena mereka melakukan pemeriksaan jentik di setiap rumah warga,” tuturnya kepada depok.go.id, Rabu (04/07).

Dikatakan Umi, pihaknya terus mengingatkan kepada kader saat pelaksanaan rakor rutin yang dilakukan di setiap kelurahan. Selain itu juga mengingatkan RT-RW untuk menyampaikan kepada masyarakat dalam menjaga lingkungan tempat tinggal agar selalu bersih.

“Penyakit chikungunya tidak akan meluas jika tempat tinggal kita terbebas dari tumpukan sampah, maka upaya ini juga perlu mendapat dukungan dari masyarakat,” ucapnya.

Terakhir, dirinya berpesan kepada masyarakat untuk menerapkam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan memberantas sarang nyamuk. Selain itu, pihaknya juga mengingatkan untuk berobat ke fasilitas kesehatan jika mengalami demam selama tiga hari.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :