depok.go.id – Perkembangan internet yang sangat pesat membuatnya melampaui batas-batas wilayah. Namun, pemanfaatan teknologi internet pada anak, juga harus diiringi oleh pengawasan orang tua, keluarga maupun orang-orang terdekat agar penggunaannya tidak melenceng dari norma yang berlaku di masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, untuk membentengi anak dari pengaruh negatif internet, yang bertanggung jawab adalah orang tua. Pola pendidikan yang diterapkan pada anak, kata Sidik, sangat penting sekali diperhatikan, mengingat saat ini siapa saja bisa mengakses internet dengan mudah.

“Bisa siapa saja dan kapan saja mengakses internet, kalau dipakai positif akan bermanfaat sekali. Namun, kalau negatif internet malah merugikan kehidupan remaja, khususnya anak-anak,” terang Sidik, di Balai Kota Depok, Rabu (04/07/2018).

Ditambahkannya, untuk mengurangi dampak negatif internet pada remaja maupun anak-anak, khususnya di warung internet (warnet) pihaknya sudah rutin melakukan sosialisasi internet sehat. Bahkan, Diskominfo yang biasanya hanya berjalan sendiri, ke depan akan menggandeng Perangkat Daerah (PD) lainnya semisal DPAPMK, Dinsos, atau pun Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Dulu kami jalan sendiri, kalau sekarang kami akan merangkul PD yang lain agar lebih komprehensif sosialisasinya,” imbuhnya.

Upaya lain yang dilakukan hingga akhir tahun 2017 lalu, jelas Sidik, Diskominfo sudah memasang sekitar 130 titik wifi  gratis. Fasilitas tersebut dapat diakses selama 24 jam oleh seluruh masyarakat yang ada di Kota Depok.

“Silakan masyarakat memanfaatkan wifi gratis dari kami, insya Allah dengan speed yang maksimal. Tentunya sudah kami filter aksesnya, sehingga konten negatif tidak akan bisa diakses,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :