Pemerintah Kota Depok ikut memeriahkan Pagelaran Seni Budaya Nusantara Indonesia City Expo 2019 dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi ) XIV di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Kamis (04/07/2019). Pemkot Depok menampilkan tarian tradisional, peragaan pantomim, dan pembacaan puisi oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris. (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok ikut meramaikan Pagelaran Seni Budaya Nusantara Indonesia City Expo 2019. Helaran seni budaya ini menjadi salah satu acara demi memeriahkan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-14 di Semarang, Jawa Tengah.

Pertunjukan dimulai oleh penampilan Tari Goyang Mpok yang dibawakan lima penari dari berbagai sanggar tari di Kota Depok. Setelah itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, masuk dengan membawakan puisi Tekad Merdeka. Pembacaan puisi ini diiringi dengan petikan organ yang dibawakan secara apik oleh maestro keroncong asal Kota Depok Koko Thole.

“Penampilan seni budaya kolaboratif dari Tari Goyang Mpok hari ini menggambarkan keteguhan dan optimisme seorang gadis remaja. Tekadnya untuk merdeka dalam mempertahankan prinsip-prinsip budaya leluhur, meski dalam bayang-bayang hegemoni budaya asing yang ekspansif diilustrasikan melalui penampilan teatrikal ini,” kata Mohammad Idris usai tampil di Pagelaran Seni Budaya Nusantara Indonesia City Expo 2019 di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Kamis (04/07/2019).

Lebih lanjut, ucapnya, dalam puisi yang dibacakan Mohammad Idris, membawakan pesan bagaimana cara mengembangkan kebudayaan sesuai potensi lokal. Selain itu untuk penampilan pantomim diperagakan oleh anak muda Depok dengan penuh kelucuan dan membangun suasana cair.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, semoga bisa mengenalkan budaya Depok bagi masyarakat Semarang,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :