Inspektorat Kota Depok melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) yang diikuti 21 Perangkat Daerah (PD) meliputi, 10 dinas dan 11 perwakilan kecamatan di Kota Depok.

“Kegiatan bimtek ini, tidak hanya sekadar sosialisasi saja. Melainkan mengimplementasikan SPIP di Perangkat Daerah agar  tidak hanya penguatan dokumen saja,” ujar Inspektur pada Inspektorat Kota Depok, Novarita di Hotel Santika, Selasa (04/09/2018).

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, Bimtek SPIP dilaksanakan selama tiga hari, yaitu mulai dari 4 September hingga 6 September 2018. Dalam kegiatan ini, para kepala PD akan diberikan beberapa materi, yang disampaikan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

“Salah satu materi yang disampaikan, yaitu upaya mempersiapkan dokumen infrastruktur, membuat manajemen risiko. Jadi  mengidentifikasi risiko yang ada di PD, dalam mencapai tujuan organisasi sesuai dengan undang-undang yang ditetapkan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, setelah mengidentifikasi risiko, PD dapat mencari solusi agar tujuan organisasi dalam meningkatkan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan Pemerintah Kota Depok dapat tercapai.

“Diharapkan tujuan organisasi yang sudah dibentuk, dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif,” katanya.

Penulis: Dian Afrianti Kunto
Editor: Dunih

Bagikan post melalui :