depok.go.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok berkomitmen meningkatkan kompetensi menulis di kalangan tenaga pendidik. Salah satu upaya yang dilakukan Disdik dengan menggagas, Pelatihan Menulis bertajuk Guru Mulia Karena Karya.

Ketua Forum Literasi Kota Depok, Listiyawati mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 430 pengawas dan kepala sekolah. Ratusan tenaga pendidik itu berasal dari berbagai jenjang pendidikan, mulai TK hingga SMA sederajat.

“Kami ajak para tenaga pendidik untuk terbiasa mengekspresikan gagasan perubahan atau solusi melalui tulisan. Mereka bisa menginspirasi sekolah-sekolah lainnya untuk mengimplementasikan pandangan yang tertulis dalam bentuk artikel,” katanya usai Pelatihan Menulis di Balai Kota, Jumat (10/04/2019).

Dikatakan Listiyawati, demi memberikan pemahaman yang komprehensif, pihaknya mengadakan pelatihan dari 3-4 Oktober 2019 dengan berbagai macam materi. Untuk hari pertama mengenai Penulisan Pelaporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kepala PGSD STIKIP Ar Rahmaniyah Sriyamto.

“Hari ini, Esep Muhammad Zaini selaku Pimpinan Redaksi Majalah Guneman yang membahas tentang penulisan artikel jurnal secara umum,” tuturnya.

Listiyawati yang juga Pengawas SMP dari Disdik Depok ini menambahkan, tindak lanjut dari pelatihan ini para peserta diberi dua pekerjaan rumah. Yaitu laporan PTK dan karya tulis.

“Paling lambat dikumpulkan tanggal 10 Oktober 2019. Mereka akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah mengikuti pelatihan tersebut,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :