ika wahyuni

Lia Marliana, warga RT 07 RW 015, Kelurahan Pancoran Mas. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Program Pembinaan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di RW 15, Kelurahan Pancoran Mas (Panmas), Kecamatan Panmas, sangat dirasakan sekali manfaatnya bagi warga. Lewat berbagai program pelatihan dan keterampilan, kini warga khususnya kaum perempuan makin produktif di bidang ekonomi.

Dengan keahlian yang dimiliki, kaum perempuan warga RW 15, Kelurahan Pancoran Mas, sudah mulai memproduksi makanan skala rumahan. Seperti usaha makanan Lia Marliana, walaupun tingkat pemasaran usahanya hanya di sekitaran wilayah sendiri, namun kemandirian ekonomi  Lia dan warga lainnya perlu diapresiasi.

“Produksi saya antara lain, keripik singkong, peyek, dan kacang bawang. Saya titipkan ke warung-warung atau kantin sekolah,” ujar Lia Marliana, warga RT 07 RW 015, Kelurahan Pancoran Mas, Sabtu (04/11/2017).

Atas usahanya ini, Lia mengucapkan banyak terima kasih pada Pemerintah Kota Depok yang sudah memberikan berbagai pelatihan yang berguna untuk meningkatkan ekonomi dirinya. Serta wilayah di RT-nya yang sudah banyak diberikan bantuan Penerangan Jalan Umum (PJU) sehingga tidak gelap lagi.

Apresiasi atas program P2WKSS juga diungkapkan Ika Wahyuningsih, warga RT 01 RW 15, Kelurahan Pancoran Mas, yang juga merupakan salah satu warga binaan P2WKSS. Dirinya dan lingkungannya merasa sangat terbantu dengan adanya perbaikan Jalan Lingkungan (Jaling) yang sudah selesai dikerjakan oleh Pemkot Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok.

“Sangat bermanfaat sekali program P2WKSS, karena jalan kami yang tadinya rusak sekarang jadi mulus,” ucapnya.

Dia menambahkan manfaat lain dari program P2WKSS selain di bidang ekonomi dan lingkungan, juga dirasakan warga di bidang perumahan. Seperti tetangganya di RT 01 RW 15 yang telah mendapatkan  bantuan perbaikan 3 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Saya kebetulan tidak mendapat RTLH, tapi kami bersyukur tetangga kami yang rumahnya sudah tidak layak setelah direnovasi jadi lebih kokoh,” tandas wanita yang juga kader PKK RT tersebut.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :