cilodong

Komunitas Jangkrik saat mengikuti Seminar Motivasi dari DKUM Kota Depok di kantor Kecamatan Cilodong. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Guna mengembangkan potensi yang ada di wilayah Kecamatan Cilodong, Karang Taruna (Katar) Cilodong mengadakan program pembudidayaan jangkrik dengan membentuk komunitas jangkrik. Komunitas yang berjumlah 50 anggota tersebut, diharapkan mampu menjadikan Cilodong sebagai sentra budidaya jangkrik yang menguntungkan.

Sekretaris Katar Kecamatan Cilodong, Robi mengatakan, budidaya jangkrik tersebut merupakan salah satu program Rencana Kerja (Renja) Kecamatan Cilodong yang diajukan di tahun 2016. Salah satu programnya yang diakomodir adalah budidaya jangkrik.

“Budidaya jangkrik dipilih karena saat ini jangkrik memiliki potensi pasar yang bagus, dan perawatannya pun mudah,” ujarnya kepada depok.go.id, Sabtu (04/11/17).

Dikatakannya, untuk meningkatkan kemampuan para anggota komunitas jangkrik dalam mengelola usahanya, pihaknya mendapat dukungan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok melalui pemberian seminar motivasi. Seminar tersebut bermanfaat dalam meningkatkan semangat dan pengetahuan para petani jangkrik dalam membudidayakan jangkrik.

“Kemarin para anggota komunitas jangkrik ini mendapatkan seminar motivasi tentang entrepreneur dari DKUM, agar semakin menambah pengetahuan mereka bahwa banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan bila kita mau, ” katanya.

Ia menambahkan, budidaya jangkrik tersebut sudah mulai berjalan dan tersebar di 4 kelurahan yang ada di Kecamatan Cilodong.

“Kita berharap ini bisa terus mendapat dukungan dari Perangkat Daerah (PD) terkait, sehingga upaya menjadikan Kecamatan Cilodong sebagai sentra budidaya jangkrik dapat terealisasi,” tandasnya.

Penulis : Jose

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :