Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim UI Supermileage Vehicle Team (UI-SMV) meluncurkan dua mobil masa depan yang terdiri atas prototype bensin dan prototype urban concept, Rabu (04/12/2012) di Fakultas Teknik UI (FTUI) Depok. Dua mobil ini nantinya akan dipertandingkan pada ajang Shell Eco Marathon Asia 2014 di Filipina pada Februari 2014.

“Dalam hal pendidikan dan inovasi, karya mahasisa UI ini merupakan problem solver dalam menghadapi Asean ekonomi nanti. Saya selaku Walikota Depok mengucapkan apresiasi yang sangat besar dan memanjatkan doa agar dua mobil ini dapat menang di Filipina tahun depan,” ujar Nur Mahmudi Isma’il selaku Walikota Depok yang siang tadi turut hadir dalam peluncuran dua mobil tersebut.

Nur juga berharap nantinya akan lahir inovasi dan karya yang lebih dari FTUI, serta bisa memunculkan produk nyata yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Pada kategori prototype bensin, tim UI-SMV melalui Nakolea Team menampilkan mobil bernama Keris RV. Sebelumnya Keris RV pada November lalu telah mencetak rekor Indonesia dengan pencapaian satu liter bensin untuk 1.027 km pada ajang Indonesia Energy Marathon Challenge 2013. Mobil ini memiliki bobot 45 kg dan memiliki kerangka berbahan alumunium dengan menggunakan Internal Combustion Engine serta 110 cc Carburettor.

Sedangkan pada prototype urban concept tim UI-SMV melalui Sadewa Team menampilkan sebuah mobil bernama Kalabia evo-4 yang memiliki best attemp resul pada angka 250 km/liter. Dengan bobot 90 kg, mobil ini dilengkapi sistem sekuensial injeksi dan hi-impedance injector yang memungkinkan bahan bakar menjadi lebil presisi baik dari segi waktu maupun jumlah, sehingga menghasilkan penghematan energi yang sangat besar.

“UI senantiasa mendorong para mahasiswa agar mampu memadukan kepintaran akademis dengan kreativitas dalam melakukan inovasi untuk mencari solusi kendaraan yang hemat energi serta ramah lingkungan,” jelas Plh. Rektor UI Muhammad Anis. (Diskominfo/Rysko)

Bagikan post melalui :