Wali Kota Serahkan Dana Penguatan Posyandu Kota Depok Tahun 2017 2

Camat Bojongsari, Usman Haliyana, saat secara simbolis diberikan dana pelatihan untuk para kader Posyandu Kecataman Bojongsari, Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II. (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id – Berkat kerja keras selama ini, Kecamatan Bojongsari yang terdiri dari 7 kelurahan setidaknya telah memiliki 93 Posyandu. Dari jumlah itu, 80 Posyandu sudah dinyatakan sebagai Posyandu Mandiri. Sedangkan 13 Posyandu lainnya akan diupayakan meningkat statusnya, agar ke depan 100 persen Posyandu di Bojongsari berstatus mandiri semua.

“Kecamatan Bojongsari sangat berkomitmen dalam menguatkan peran Posyandu di tengah masyarakat. Salah satu komitmen kami insya Allah 93 Posyandu akan naik strata menjadi mandiri, kalau yang terdekat sekali 90 Posyandu akan dapat strata mandiri,” terang Camat Bojongsari, Usman Haliyana, usai menerima dana pelatihan untuk para kader Posyandu Kecamatan Bojongsari di aula lantai 10 Gedung Dibaleka II, Senin (04/12/2017).

Dirinya menjelaskan, untuk Posyandu Mandiri kriterianya memiliki kader yang mencukupi, jumlah balita yang melebihi sasaran minimal 100 orang, serta memiliki dana kesehatan mandiri dengan swadaya pribadi. Selain itu, Posyandu Mandiri juga telah memiliki gedung sendiri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, katanya, salah satu upaya yang dilakukan yakni Pokjanal Posyandu Kecamatan Bojongsari akan intensif dalam penguatan kapasitas kader. Di antaranya yakni dengan memaksimalkan dana yang diberikan Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok untuk mengadakan pelatihan bagi 4 orang untuk satu Posyandu.

“Dana yang diberikan sebesar Rp 250 ribu untuk 4 orang kader, dengan mengadakan satu kali pelatihan. Pengisi materi akan kami upayakan dari PKK, atau pun dari Pokjanal Posyandu kecamatan, tentunya agar kapasitas kader Posyandu di Kecamatan Bojongsari semakin bagus,” paparnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih  dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :