kepala imigrasi II

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok, Dadan Gunawan. (Foto : Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok Dadan Gunawan tegaskan setiap warga negara asing (WNA) yang akan berkunjung maupun tinggal di Depok wajib memiliki penjamin. Keberadaan penjamin ini berfungsi sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap keberadaan serta aktivitas yang dilakukan oleh WNA tersebut.

Menurut Dadan Gunawan, keberadaan penjamin bagi WNA telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Dalam regulasi tersebut, seluruh WNA yang memegang visa bebas kunjungan maupun visa lainnya saat memasuki wilayah Indonesia harus memiliki penjamin.

“Bagi WNA pemegang visa bebas kunjungan, mereka dapat mengurus penjamin saat tiba di Indonesia. Sementara itu, bagi WNA yang memiliki visa kunjungan, tinggal terbatas dan lainnya harus mengurus penjamin sebelum mereka memasuki Indonesia,” kata Dadan kepada depok.go.id, Senin (04/12/2017).

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, bagi pemegang visa bebas kunjungan, pihak yang berwenang untuk menjadi penjamin adalah para pemilik penginapan yang menjadi tempat tinggal WNA tersebut. Nantinya, pemilik penginapan tersebut diwajibkan untuk melaporkan apabila terdapat WNA pemegang visa bebas kunjungan yang tinggal di wilayahnya.

“Para pemilik penginapan tidak perlu datang ke kantor kami untuk melapor. Mereka hanya perlu membuka website Aplikasi Pengawasan Orang Asing (APOA) yang telah kami sediakan untuk melaporkan keberadaan WNA di tempat penginapannya,” tuturnya.

Sementara itu, bagi WNA pemegang visa non bebas kunjungan, maka diwajibkan untuk mengajukan penjamin baik perorangan maupun korporasi sebelum mereka masuk ke wilayah Indonesia. Pihak yang berhak untuk menjadi penjamin, sambungnya, disesuaikan dengan tujuan WNA tersebut datang ke Kota Depok.

“Kalau mereka tujuannya untuk bekerja, maka yang berhak menjadi penjamin adalah korporasi tempat mereka kerja tersebut. Namun, apabila tujuan mereka untuk sekedar mengunjungi keluarga ataupun kerabat maka yang menjadi penjamin adalah anggota keluarga tersebut atau bisa juga kawan dan kerabat WNA yang menetap di Indonesia,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, keberadaan penjamin tersebut bermanfaat bagi terciptanya keamanan dan kenyamanan setiap WNA yang tinggal di Depok. Serta, dapat memastikan kehadiran negara dalam menjaga serta melindungi setiap WNA yang masuk ke wilayah Indonesia.

“Dengan adanya penjamin ini, maka apabila terjadi sesuatu terhadap WNA tersebut para penjamin akan menjadi pihak yang bertanggung jawab,” tutupnya.

Penulis : Guntur Widyanto

Editor : Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :