Isu yang beredar selama ini terkait lambatnya aparat penegak hukum membekuk aksi begal yang terjadi belakangan ini, dibantah oleh Kapolres Kota Depok Ahmad Subarkah. Menurutnya, penangkapan di Depok oleh petugas sudah cukup cepat.

Polres Depok sudah menangkap tiga tersangka begal yang masih berusia belasan di Jalan Kota Kembang, Grand Depok City, pada Minggu (1/02/15) yang lalu. Ketiganya yakni DF (18), IS (17), dan ADP (18).

Ia juga meminta pengendara dan warga bisa bersama-sama membangun kewaspadaan dini. “Kita harus membangun semangat memproteksi diri, dengan meminimalisir kesempatan, karena pada dasarnya, kejahatan timbul karena bertemunya stimulasi niat dan kesempatan,” jelasnya, belum lama ini.

Ia mengatakan, peran pemerintah daerah juga bisa diperbesar untuk menggerakkan dinas terkait untuk menyentuh pemuda.

Ahmad mengakui, terbatasnya personel kepolisian yang ada tidak dapat mengamankan setiap sudut yang rawan kejahatan. Untuk itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk bisa melindungi diri sendiri. “Karena masyarakat sendiri yang mengetahui kondisi keamanan lingkungannya,” ucapnya.

Ia menambahkan, petugas tetap melakukan pengamanan terhadap masyarakat, antara lain dengan patroli malam yang diintensifkan.

Lebih lanjut, dirinya juga akan memperhatikan masukan dari warga untuk menambah penerangan jalan umum dan memasang CCTV di beberapa wilayah yang rawan. (Nita/ Diskominfo)

Bagikan post melalui :