`depok.go.id – Memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong, Ambar Widjajanti mengingatkan semua masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin. Sebab, dengan melakukan pemeriksaan tersebut menjadi langkah dalam deteksi dini adanya kanker payudara.
“Kita harus rutin mengecek payudara sendiri untuk deteksi dini,” tuturnya kepada depok.go.id di Kantor Kecamatan Cilodong, Senin (04/02/19).
Dikatakannya, deteksi dini dapat dilakukan pada tujuh hingga sepuluh hari setelah masa menstruasi. Karena pada waktu tersebut, payudara terasa lebih lunak dan mudah untuk dilakukan deteksi kanker payudara.
Dalam hal ini, lanjutnya, jika dirasa terdapat benjolan dan gejala lain yang mengidentifikasi kanker payudara, dapat melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis. Dengan pemeriksaan medis tersebut agar kanker tidak menyebar luas dan dapat dilakukan penanganan secara intensif.
Terakhir, Ambar berpesan kepada seluruh masyarakat, terutama wanita untuk melakukan pemeriksaan sendiri secara rutin. Sebab, jika kanker tersebut sudah menyebar luas dapat menyebabkan kematian.
“Kanker payudara menyerang semua kalangan, maka kita harus selalu rajin memeriksa agar dapat terdeteksi sejak dini,” pungkasnya.
Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo
Bagikan post melalui :