depok.go.id – Pemberian vaksim Hepatitis A dapat mencegah infeksi pada hati yang bisa disebabkan oleh virus Hepatitis A. Vaksin tersebut dapat diberikan kepada seluruh kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Umi Zakiyati menjelaskan, dengan melakukan vaksin Hepatitis A dapat mencegah penyakit dan tertularnya penyakit peradangan yang berdampak pada kemampuan hati dalam berfungsi. Sebab, dengan pemberian vaksin berarti menidurkan sementara bakteri di dalam tubuh.

“Dengan vaksin setidaknya bisa mencegah penyebaran virus Hepatitis A agar tidak mudah terjangkit dan tertular oleh penderita lainnya,” tuturnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Lebih lanjut, ucap Umi, sapaan akrabnya, vaksin Hepatitis A dapat berlaku efektif seumur hidup. Bagi anak atau orang dewasa yang sudah melakukan vaksin, tidak perlu vaksin kembali karena sudah efektif untuk pencegahan.

Dikatakan Umi, selain dengan melakukan vaksin, upaya lain yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit Hepatitis A adalah penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PBHS). Masyarakat dapat membiasakan PHBS di lingkungan tempat tinggal maupun sekolah.

“Dengan membiasakan diri hidup bersih maka akan terbebas dari penyebaran virus dan penyakit, termasuk Hepatitis A,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :