pemeriksanaan kanker servik_2

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan, Elin Herlina. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Pelayanan di Puskesmas Sawangan kini makin lengkap. Selain menambah jam operasional dokter umum hingga pukul 21.00, Puskesmas Sawangan juga telah menyediakan layanan pemeriksaan kanker leher rahim (serviks) yang dibuka selama dua kali dalam sepekan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan, Elin Herlina mengatakan, guna meningkatkan pelayanan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam deteksi dini kanker serviks, pihaknya membuka praktik pemeriksaan deteksi dini kanker serviks melalui Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

“Kami menyadari kanker serviks ini menjadi momok yang menakutkan bagi kaum perempuan, karena itu Puskesmas kami menambah pelayanan deteksi kanker serviks melalui IVA,” ucap Elin, Rabu (05/04/2017).

Elin mengatakan upaya pemeriksaan IVA merupakan cara paling baik untuk menekan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit kanker serviks. Bagi warga Sawangan dan sekitarnya yang ingin deteksi dini kanker serviks, pihaknya mempersilakan warga langsung mendatangi Puskesmas Sawangan setiap hari Kamis dan Sabtu di Poli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

“Bagi pemilik kartu JKN BPJS Kesehatan dan KIS deteksi dini menggunakan IVA ini gratis tidak dipungut biaya, sedangkan bagi pasien umum sesuai dengan Perda yang berlaku akan dikenakan biaya sebesar Rp 25 ribu saja,” tambahnya.

Elin menyebutkan pada bulan Maret yang lalu, setidaknya sudah ada 6 pasien yang memeriksakan dirinya meliputi, 1 orang dari Sawangan Baru, 1 orang dari Lebak Bulus, dan 4 orang lagi berasal dari Sawangan Lama. Masih sedikitnya pasien yang periksa, karena banyak yang belum tahu jika Puskesmas Sawangan sudah melayani pemeriksaan kanker serviks. Sebab, biasanya pemeriksaan semacam itu hanya ada di rumah sakit.

“Dari 6 orang yang kami periksa seluruhnya mendapatkan hasil yang negatif,” tutupnya.

pemeriksanaan kanker servik

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :