GOW

Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kota Depok, Dewi Syarifah. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Pendampingan orang tua terhadap pertumbuhan anak dinilai menjadi salah satu indikator dalam mewujudkan program Ketahanan Keluarga milik Pemerintah Kota Depok. Untuk itu, setiap orang tua didorong untuk lebih aktif dan terlibat dalam setiap aktivitas yang dilakukan oleh anak.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kota Depok, Dewi Syarifah mengatakan, setiap anak di Kota Depok memerlukan kehadiran dan kepedulian dari keluarga. Sebab, menurutnya, pembentukan karakter anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, terutama dalam keluarga.

“Sejak anak lahir, para orang tua sudah digariskan untuk mendidik serta menjadi teladan bagi anak-anaknya. Untuk itu, setiap orang tua juga harus mencontohkan perilaku yang baik. Sehingga karakter anak mereka juga menjadi baik,” ujarnya kepada depok.go.id, Selasa (04/03/2017).

Dikatakannya, setiap orang tua harus mengetahui tahapan perkembangan anaknya. Sehingga, dapat terwujud hubungan antara orang tua dengan anak yang lebih baik.

“Para orang tua harus memahami kapan usia anak sedang mencari jati dirinya.  Mereka juga tidak boleh hanya memarahi anaknya bila bersalah. Sebab, harus dilihat secara komprehensif, anak harus dibertahu kesalahannya agar tidak mengulangi lagi,” jelasnya.

Dengan terciptanya hubungan antara anak dengan orang tua yang harmonis, diharapkan dapat membentuk kepribadian anak yang kuat. Sehingga, tujuan dari program Ketahanan Keluarga yang disosialisasikan oleh Pemerintah Kota Depok dapat terwujud.

“Kalau pembentukan karakter anak sejak dari rumah sudah kuat, penghormatan kepada kedua orang tuanya juga kuat, maka anak tersebut dapat membawa dirinya dengan baik. Anak tidak terpengaruh dengan perilaku yang melanggar norma dan hukum,” pungkasnya.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :