Bu Endah Winarti

WAKIL RAKYAT : Anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Endah Winarti. (Foto: Nur Afifah/Diskominfo)

depok.go.id- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menggelar lomba bank sampah se-Depok pada Jumat lalu. Kegiatan tersebut diapresiasi oleh Anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Endah Winarti yang turut hadir pada kegiatan lomba bank sampah tersebut.

“Saya termasuk salah satu orang yang senang dan giat dalam upaya pemilahan dan pengelolaan sampah. Alhamdulillah juga sudah ada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2014 yang mengatur terkait pengelolaan sampah,” katanya kepada depok.go.id, Selasa (04/04/2017).

Endah mengatakan, dengan lomba tersebut dapat meningkatkan semangat para kader bank sampah. Dirinya melanjutkan, dengan keberadaan bank sampah di Kota Depok harus terus dibina dan dipantau oleh pemerintah.

“Keberadaan bank sampah dan kegiatan memilah sampah harus terus lestari, meskipun sudah berganti Camat dan Lurah. Sehingga semua kecamatan di Depok memiliki bank sampah,” terangnya.

Endah memberikan saran kepada pemerintah, dalam hal ini DLHK untuk memberikan hadiah yang lebih edukatif pada lomba Bank Sampah ini. Artinya hanya piala atau sertifikat saja tetapi juga berikan hadiah berupa dana pembinaan.

“Kebanyakan kader bank sampah berasal dari ibu rumah tangga yang ingin membantu perekonomian keluarga. Jadi dengan diberikan hadiah berupa dana bisa menambah motivasi mereka. Misalnya, untuk pembuatan seragam dan untuk biaya operasional mereka,” tuturnya.

Endah berharap, agar pemerintah senantiasa konsisten untuk membina keberadaan bank sampah dan kegiatan pemilahan sampah di warga Depok. Pendekatan perlu dilakukan dari DLHK, Camat, Lurah, Ketua RW hingga Ketua RT untuk mengajak dan aktif mengajak masyarakat.

“Pada akhirnya jika seluruh masyarakat melakukan pemilahan sampah, maka sampah yang sampai di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hanya sampah residu saja,” tandasnya.

 

Penulis: Nur Afifah

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :