penghargaan ketahanan pangan

Wali Kota Depok Mohammad Idris menerima penghargaan dari Sindo Government Award 2017. Penghargaan diberikan oleh Dirjen Otda Kemendagri, Soni Sumarsono. (Foto Bima/Diskominfo)

depok.go.id – Keseriusan Pemkot Depok mewujudkan ketahanan pangan dengan sejumlah inovasi, mengantarkan Pemkot Depok terpilih menjadi kota terbaik yang peduli terhadap ketahanan pangan dari Sindo Weekly Government Award. Penghargaan yang cukup bergengsi ini, diterima langsung oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris di Hotel Borobudur, baru-baru ini.

“Alhamdulillah penghargaan ini dapat kita raih berkat inovasi yang diterapkan di Kota Depok. Ini juga merupakan wujud keseriusan kami untuk meningkatkan ketahanan pangan,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Nunu Heriyana, yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (05/04/17).

Dikatakannya, penghargaan tersebut diberikan atas kesuksesan Depok yang menerapkan inovasi pangan. Keberadaan petani sebagai menunjang ketahanan pangan juga terus dilibatkan Pemkot Depok, termasuk dalam kegiatan penanaman padi Ciherang dan beras hitam yang kini gencar dilakukan di Kota Depok.

“Program-program yang digulirkan Pemkot Depok juga tidak lepas dari dukungan semua pihak yang terlibat, baik OPD terkait maupun kelompok tani yang kita miliki. Semoga dengan diberikannya penghargaan ini, mampu memotivasi para petani untuk meningkatan potensi padi yang masih tersisa di Depok,” tambahnya.

Adapun inovasi yang dilihat terkait ketahanan pangan di Kota Depok adalah program Sistem Integrasi Tanaman dan Ternak (SITT) sebagai solusi pertanian di perkotaan. Kota Depok saat ini juga telah menerapkan sistem integrasi tanamaman antara hewan dan tumbuhan. Program ini, telah diujicobakan antara kelinci dan tumbuhan kangkung, serta ikan dengan padi atau biasa disebut dengan istilah mina padi.

Penulis : Vidyanita

Editor : Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :