ara Kader PKK mengikuti Pelatihan Pemantauan Pertumbuhan di Sekretariat PKK Kota Depok. (Foto: Asyril/ Diskominfo)

depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memberikan pelatihan pemantauan pertumbuhan bayi balita ke kader PKK. Langkah tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan kader saat pelaksanaan Posyandu setiap bulan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes, May Haryanti mengatakan, pembinaan akan dilakukan untuk kader PKK disemua kecamatan di Kota Depok. Kader PKK tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing kelurahan.

“Untuk pembinaan pertama kami berikan kepada kader di Kecamatan Limo sebanyak 25 orang,” tuturnya kepada depok.go.id, Kamis (05/04/2018).

Lebih lanjut, ucap May, dalam pembinaan yang dilakukan selama dua hari di Sekretariat PKK Kota Depok, para kader mendapatkan berbagai informasi dalam pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita. Diantaranya terkait cara penimbangan dan pengukuran berat badan anak, penggunaan alat penimbangan dan pengukuran berat badan anak, pencatatan pertumbuhan anak pada Kartu Menuju Sehat (KMS), memperhatikan pertumbuhan balita yang mengalami gizi kurang, serta penyuluhan bagi orangtua.

“Masih ada beberapa kader yang salah saat menimbang, mengukur, dan mencatat pertumbuhan anak. Hal ini harus diantisipasi agar pertumbuhan anak terpantau dengan baik,” tuturnya.

Mau menambahkan, dengan pembinaan yang dilakukan, diharapkan semua kader dapat maksimal dalam memantau pertumbuhan bayi balita di Kota Depok. Tentunya sebagai upaya untuk mengetahui tingkat status gizi bayi dan balita.

 

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :