tumpeng odnr

Tumpeng ODNR Kecamatan Cimanggis yang berhasil juara 1 dalam lomba Festival Industri Kreatif 2015 yang diadakan di Balai Kota Depok, Jumat (5/6/2015).

depok.go.id – Kecamatan Cimanggis berhasil memenangkan Lomba Tumpeng ODNR dalam kegiatan Festival Industri Kreatif 2015 yang diadakan di Balai Kota Depok, Jumat (5/6/2015). Sementara itu, juara kedua diraih Kecamatan Limo, dan Kecamatan Pancoran Mas mendapat juara ketiga.

Ketua Pokja 3 Kecamatan Cimanggis, Endang Herdaru mengatakan menu tumpeng yang dibuatnya mengandung gizi yang seimbang, di mana beras untuk nasi diganti dengan singkong serut dicampur dengan jagung yang diberi kelapa lalu dikukus. Hal ini membuat warna tumpeng yang ditampilkan menjadi sangat cantik, yaitu kuning cerah dengan tekstur kasar menyerupai nasi.

Ia mengatakan bahwa konsep dari tumpeng yang dibuatnya adalah pemandangan Indonesia, karena itu ada beberapa lauk yang dibentuk sedemikian rupa untuk melambangkan Indonesia. Ia juga mengungkapkan bahwa pemilihan singkong dikarenakan singkong tidak sulit diolah dan cocok sebagai pengganti nasi.

Adapun untuk lauk dipilih udang sebagai simbol dari Pancasila, di mana burung garuda dibuat dari lobak sehingga mempercantik tumpeng. Pagar untuk menghias tumpeng dibuat dari kacang panjang yang membungkus lidi, lalu dibuat melingkari tumpeng.

“Kekhasan tumpeng adalah ayam ingkung atau ayam utuh satu ekor, sangat tradisional,” ujarnya.

Sementara perwakilan Kecamatan Pancoran Mas, Sri Suratmi mengusung judul Kimpul Beraksi. Berbahan dasar kimpul atau sejenis talas yang digunakan sebagai pengganti beras, untuk nasinya. Konsep yang dipilih adalah pemandangan gunung, di mana tumpeng sebagai gunung dan ada rumah penduduk yang dibuat dari tempe goreng. Adapun proses pembuatannya memakan waktu tiga jam.

“Yang membuat unik adalah tampannya dibuat dari stereofom dan triplek yang dibungkus kertas alumunium, sehingga bentuknya persegi, tidak bulat seperti umumnya,” pungkasnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :