smart citydepok.go.id – Upaya menuju Kota Depok sebagai Smart City, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menyelenggarakan Rakor Pembentukan Smart City Center yang menghadirkan narasumber Chif Technology Officer Wireless Star Inc, Dr. Adel Youssef, bertempat di Aula lantai 5, Balai Kota Depok, Jum’at (05/06/15).

“Kota Depok bukan hanya sekedar Cyber City, namun kita telah memasuki Smart City di mana sebelumnya juga kita telah memfasilitasi Kota Depok dengan wi-fi gratis yang tersebar di 254 titik,” papar Kepala Diskominfo Kota Depok, M. Fitriawan.

Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il yang saat itu hadir juga mengungkapkan bahwa Kota Depok telah mempunyai berbagai progres dan perkembangan yang positif.

“Kita telah mengarah Cyber City menuju Smart City, di mana Kota Cerdas ini tentunya perlu dipahami bersama definisi serta bagaimana kita belajar bersama untuk menyesuaikan menuju ke arah tersebut. Kami akan terus meningkatkan serta mengembangkan beberapa kapasitas maupun layanan yang berbasis TI,” ungkap pemimpin Kota Belimbing ini.

Senada dengan itu Adel Youssef menegaskan, untuk membangun Smart City, pemerintah sebenarnya tidak harus fokus kepada penyelesaian masalah, tetapi memberikan jalan kepada masyarakat supaya bisa menyelesaikan masalah.

“Kemajuan TI sekarang jangan menjadikan kita sebagai objek yang tergantung dengan teknologi, tetapi teknologi-lah yang harus kita manfaatkan sebesar-besarnyanya untuk pelayanan pemerintahan. Contohnya, kita tidak perlu susah-susah membuat billboard, kunjungan kerja ke sana ke mari. Manfaatkanlah teknologi yang dimiliki untuk membuat iklan melalui twitter, facebook, dan email,” pungkasnya.

Smart City sendiri merupakan sebuah hunian cerdas dilengkapi dengan jaringan komunikasi yang menghubungkan dengan berbagai layanan jasa. Pemerintah Kota Depok juga telah membuat beberapa layanan aplikasi di antaranya perencanaan pembangunan daerah, sistem rumah sakit untuk kesehatan, sistem kependudukan, serta bursa kerja online. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :