Petugas Baznas Depok menyalurkan dana zakat kepada seorang mustahik. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok melakukan pendistribusian dana zakat sebesar Rp 303 juta ke 4.616 penerima zakat (mustahik) di Kota Depok. Penyaluran dana zakat tersebut dibagi dalam dua kategori. Yaitu penyaluran mustahik harian dan program Ramadan.

“Untuk penyaluran harian, kita bagikan dana zakat kepada para mustahik setiap pekannya di hari Kamis. Adapun yang kedua, kita bagikan dalam sembilan program selama Ramadan ini,” kata Ketua Baznas Depok, Encep Hidayat usai mengikuti salat Idulfitri 1440 Hijriah di Balai Kota Depok, Rabu (05/06/2019).

Dirinya merinci, dari dua kategori tersebut, yang pertama berjumlah Rp 141.8 juta dengan 4.003 mustahik. Kemudian, untuk total dana yang disalurkan dalam program Ramadan, sekitar Rp 161,4 juta dengan 613 penerima manfaat.

Lebih lanjut, ucap Encep, terkait penyaluran harian terbagi dalam lima program utama Baznas Kota Depok. Yaitu, Depok Peduli kepada 498 orang, Depok Taqwa kepada 4 orang, Depok Sehat kepada 19 orang, Depok Cerdas kepada 86 orang, dan Depok Sejahtera kepada 6 orang.

“Bentuk bantuannya beragam. Misalkan aspek kesehatan pembayaran penunggakan BPJS, aspek pendidikan pembayaran tunggakan SPP, adapun di ekonomi membantu modal usaha,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, terkait program Ramadan sendiri, pihaknya gencar melakukan penyaluran dana zakat. Seperti pemberian santunan kepada 150 warga lanjut usia (lansia) prasejahtera sebesar Rp 45 juta. Ada pula kegiatan Hidangan Berkah Ramadhan (HBR) yang diberikan kepada 1800 penerima manfaat dengan total dana sebesar Rp 11 juta.

“Alhamdulillah, penyaluran dana zakat berlangsung lancar. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi para warga Depok yang sudah melakukan zakat, infak, sedekah melalui Baznas Kota Depok,” tutupnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :