depok.go.id-Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengajak seluruh umat Islam di Kota Depok untuk memaknai Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah sebagai momentum untuk memperkuat persaudaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih, bangsa Indonesia baru saja menyelesaikan pesta demokrasi lima tahunan dengan berbagai dinamikanya.

 

“Di antara hikmah dan pelajaran yang relevan, dan perlu kita amalkan kembali dari nila-nilai bulan Ramadan yaitu menegaskan pentingnya keniscayaan mewujudkan persaudaraan umat, persatuan dan kesatuan bangsa,” tutur Mohammad Idris kepada depok.go.id, usai menjadi khatib salat Idulfitri 1440 H di Masjid Agung Balai kota Depok, Rabu (05/06/2019).

 

Mohammad Idris menuturkan, persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia diuji selama tahun politik ini. Namun, umat Islam harus bisa mewujudkan kedamaian serta jadi yang terdepan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

”Begitulah Rasulullah menegaskan kepada kita, bahwa ukhuwah persaudaraan bukan sekadar slogan atau jargon. Tetapi, memang dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

 

Dirinya menambahkan, dalam memperkuat persaudaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa terdapat dua hal yang perlu menjadi perhatian. Antara lain ketakwaan kepada Tuhan Yang Mahakuasa dan sikap saling memaafkan.

 

“Pesta demokrasi kita tahun ini agak sedikit unik dengan dinamikannya. Untuk itu, kita kembali lagi kepada suasana kebhinekaan dengan merawat ketakwaan kita kepada Tuhan Yang Mahakuasa dan sikap legowo untuk saling memaafkan. Jangan sampai beda pilihan mengorbankan persatuan kita,” ucapnya.

 

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Bagikan post melalui :