Puskesmas Ratujaya lakukan sosialisasi kegiatan Promosi Kesehatan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Aula Puskesmas Ratujaya, Cipayung, Kamis (05/07/2018). (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id –  Tim Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Puskesmas Ratujaya, telah resmi dibentuk. Tim tersebut akan turun ke lapangan melakukan pendataan terhadap 9000 kepala keluarga (KK) sesuai arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung.

“Kesiapan juga ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama antara unsur pemerintahan, Polsek, Koramil, ketua RW dan RT setempat. Nantinya, petugas kami akan melakukan kunjungan ke rumah warga untuk memberi pembinaan kesehatan di wilayah Kelurahan Ratujaya,” ujar Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini, usai kegiatan sosialisasi PIS-PK, di Aula Puskesmas Ratujaya, Kamis (05/07/18).

Dikatakannya, pihaknya telah melakukan kegiatan serupa, sebelum PIS-PK terbentuk. Hanya saja, cakupannya lebih kecil yaitu kunjungan kepada warga yang memiliki penyakit risiko tinggi. Sedangkan untuk kegiatan PIS-PK, semua keluarga wajib dikunjungi.

“Kami pernah melakukan kegiatan serupa. Jadi sedikit banyak, kami sudah memiliki pengalaman. Apalagi saat ini yang turun ke lapangan adalah petugas yang mumpuni di bidangnya,” ucapnya.

Walaupun demikian, dirinya tidak menampik adanya penolakan kedatangan petugas di beberapa wilayah. Hal ini disebabkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, yang meminta pungutan dengan mengatasnamakan petugas Puskesmas Ratujaya.

“Pelayanan yang kami berikan, sedikit pun tidak dipungut biaya. Kami akan tetap berusaha untuk melakukan pendekatan. Dengan begitu, status kesehatan warga kami bisa terpantau dengan baik,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :