Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna (Foto : Diskominfo)

depok.go.id. Upaya mempersempit ruang gerak perokok dilakukan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, dengan menginstruksikan Satuan Polisi Pamong
Praja (Satpol PP) Kota Depok untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak). Hal ini juga sebagai langkah implementasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

“Satpol PP sebagai fungsi pengawasan akan melakukan sidak ke sejumlah titik yang bukan semestinya untuk merokok. Jika tidak ada hambatan,
saya turun langsung untuk melihat kondisi lapangan,” ujar Pradi Supriatna, di ruang kerjanya, Jumat (05/07/2019).

Selain itu, pihaknya juga meminta camat dan lurah untuk melakukan monitoring bilamana masih terdapat baliho atau spanduk rokok yang terpampang di wilayah. Pengawasan ini bekerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas) Pol PP yang ada di wilayah.

“Rencananya kami ingin memasang spanduk larangan merokok dan papan sosialisasi di beberapa tempat strategis, berikut dengan sanksi jika melanggar,” tegasnya.

Wakil Wali Kota Depok berharap, tindakan tegas yang dilakukan Pemkot Depok, bisa mempersempit serta membuat jera para pelanggarnya. Upaya ini, merupakan bukti komitmen kuat yang telah dibangun Pemkot Depok sejak lama.

“Kami ingin seperti negara tetangga, yang jika ingin merokok, sulit mencari tempat karena disediakan smoking area, tetapi cukup jauh dari keramaian. Nah, budaya ini yang ingin kita tanamkan, sehingga diharapkan masyarakat meninggalkan kebiasaan merokok dan tercipta lingkungan yang sehat,” tutupnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :