SERTIFIKAT-LP-POM-MUI-595x832depok.go.id – Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Agus Gojali menyatakan Jemaah Calon Haji (JCH) di Kota Depok tidak perlu khawatir dengan suntik vaksin meningitis, karena sudah terjamin kehalalannya.

“Vaksin meningitis di Kota Depok sangat aman dan dijamin halal dari LP POM-MUI, sehingga para calon haji tidak perlu mengkhawatirkan penggunaannya,” jelas Agus, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/8/2016).

Dijelaskannya, setiap JCH dari Kota Depok yang akan bertolak ke Tanah Suci wajib dilakukan suntik vaksin meningitis. Pemberian vaksin meningitis yang antara lain untuk mencegah penyakit meningokokus.

“Calon haji yang tidak disuntik vaksin tersebut tidak dibolehkan turun di Bandara Arab Saudi. Bahkan dari embarkasi Bekasi juga akan ditolak dan ditunda keberangkatannya hingga calon haji disuntik vaksin meningitis ini,” ujarnya.

Bagaimanapun juga, tambah Agus, resiko paparan meningitis meningokokus sendiri tersebar secara sporadis di seluruh dunia dengan variasi musiman. Negara-negara yang terletak pada benua Afrika, hingga negara-negara sebagian timur tengah, menjadi tempat di mana epidemi penyakit ini yang sering terjadi pada musim kemarau.

“Apalagi saat ini cuaca di Tanah Suci Mekkah sedang musim kemarau, dan sedang panas-panasnya. Tentu akan menjadi sangat rentan terhadap penyakit yang bisa jadi dibawa oleh JCH dari negara lain. Untuk mencegahnya diwajibkanlah vaksin meningitis ini,” tutupnya. (Nurul Hasanah/ Ed: Siti Rahma, Yulia S – Diskominfo)

Bagikan post melalui :