DEASY MARTINI

Deasy Martini, Pelaksana Gizi, Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Kota Depok

depok.go.id – Vitamin A memang sangat penting bagi anak untuk menjaga kesehatan mata, mencegah kebutaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan Vitamin A akan menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mudah terinfeksi.

Di Kota Depok kurang lebih ada sekitar 127 ribu sasaran balita yang akan mendapatkan Vitamin A secara gratis di beberapa titik Posyandu. Bagi para orangtua diharapkan untuk membawa balitanya yang berusia 6 hingga 60 bulan ke Posyandu terdekat Agustus ini.

“Kita mengharapkan kesadaran orangtua khususnya kaum ibu untuk membawa balitanya ke Posyandu terdekat untuk mendapatkan Vitamin A secara cuma-cuma,” terang Deasy Martini, Pelaksana Gizi, Seksi Kesehatan Keluarga Dan Gizi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jumat (5/8/2016).

Meskipun demikian, lanjut wanita yang memiliki gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat ini, bagi balita yang nanti belum mendapatkan Vitamin A secara langsung dari Posyandu terdekat, para Kader Posyandu dan petugas gizi Puskesmas akan melakukan sweeping ke rumah-rumah warga.

“Hal ini dilakukan agar semua balita di Kota Depok mendapatkan Vitamin A dan tidak ada yang tertinggal,” jelasnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa program nasional pemberian Vitamin A ini bertujuan mencegah kerusakan pada mata akibat rabun senja, selain itu juga program pemberikan Vitamin A tersebut sesuai dengan usia balita.

“Selain memberikan Vitamin A kepada para balita, petugas gizi juga langsung memberikan penyuluhan kepada para orangtua balita agar mereka betul-betul mengerti dan memahami tentang pentingnya Vitamin A. Kapsul Vitamin A bisa diminta di Posyandu secara gratis,” jelasnya. (Nurul Hasanah/Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :