JCH suntik vaksin

Jemaah Calon Haji asal Kota Depok menunggu giliran suntik vaksin meningitis di salah satu Puskesmas

depok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok telah melaksanakan penyuntikan vaksin meningitis terhadap calon jemaah haji 2016. Pemberian vaksin ini berfungsi untuk menambah ketahanan tubuh dari serangan berbagai penyakit selama berada di tanah suci Mekkah.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Agus Gojali, menjelaskan hingga saat ini sudah sekitar 95% dari total 1418 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Depok yang sudah mendapatkan vaksin meningitis.

“Sejak dari Bulan Mei 2016 seluruh Puskesmas se-Kota Depok sudah melakukan penyuntikan vaksin meningitis pada para JCH. Untuk sisanya yang belum divaksin dikarenakan ada yang secara tiba-tiba mendapat kuota tambahan dari Kementerian Agama, atau ada juga pindahan dari daerah lain, dan cadangan-cadangan lainnya yang ternyata tahun ini bisa berangkat ke tanah suci,” kata Agus, Jumat (5/8/2016).

Ia juga mengatakan bahwa vaksin meningitis yang diberikan itu antara lain untuk mencegah penyakit meningokokus, penyebab utama meningitis bakteria, yaitu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang serta keracunan darah (sepsis).

“Di tanah suci nanti kepadatan jemaah pasti sangat tinggi, dan akan banyak bersinggungan dengan jemaah haji yang berasal dari negara yang endemis meningitis seperti dari Afrika dan Timur Tengah. Untuk itu, vaksin meningitis ini sangat perlu sekali,” urainya kembali.

Dirinya mengungkapkan untuk para JCH yang sudah divaksin meningitis akan ditulis lengkap di buku kesehatan jemaah haji, sebagai syarat mutlak para JCH bertolak ke tanah suci.

“Apabila ada yang menolak untuk divaksin meningitis, tidak akan diberangkatkan. Karena vaksin meningitis ini sifatnya wajib,” ucapnya. (Nurul Hasanah/ Ed: Siti Rahma, Yulia S – Diskominfo)

Bagikan post melalui :