Kecamatan Sukmajaya melakukan pendampingan kepada kader PKK RW 13 Kelurahan Cisalak. (istimewa).

depok.go.id-Kecamatan Sukmajaya melakukan pembinaan kepada enam RW Ramah Anak yang mewakili masing-masing kelurahan. Pendampingan tersebut, sebagai persiapan Lomba Penilaian RW Ramah Anak tingkat kecamatan.

Sekretaris Kecamatan Sukmajaya, Mulyo Handono mengatakan, kegiatan ini merujuk pada surat dari Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok bernomor 005/853/Bid.KKKB pada 26 Juni 2018. Disebutkan, sebelum dilombakan, pihak kecamatan mengadakan kunjungan pembinaan terlebih dahulu kepada RW Ramah Anak tersebut.

“RW Ramah Anak merupakan turunan dari program Depok Kota Layak Anak (KLA). Maka dari itu, tentu kita akan mendukung dan melakukan pendampingan sebaik-baiknya, sehingga nanti pemenangnya bisa mewakili kita untuk dilombakan di tingkat kota,” katanya, di ruang kerjanya, Rabu (05/09/2018).

Mulyo yang juga Ketua Kecamatan Layak Anak pada Kecamatan Sukmajaya mengatakan, pendampingan dilakukan selama dua hari. Yaitu RW 19 Mekarjaya, RW 04 Abadijaya, RW 06 Baktijaya pada Selasa 04 September 2018. Sisanya, hari ini RW 13 Cisalak, RW 08 Tirtajaya, dan RW 03 Sukmajaya.

Sementara itu, ditemui di lokasi pendampingan, Ketua PKK RW 13 Kelurahan Cisalak, Anita menyambut baik lomba penilaian RW Ramah Anak tingkat kecamatan ini. Dipilihnya RW 13, diakuinya, tidak terlepas dari potensi daerahnya dalam mendukung pemenuhan hak-hak anak.

“Kita punya website RW 13 yang dikelola ikatan remaja. Kegiatan yang berkaitan dengan anak juga cukup banyak, di antaranya Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kita punya sarana publik untuk anak, juga aula pertemuan remaja,” katanya.

Dalam pembinaan yang dimotori Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kecamatan Sukmajaya tersebut, pihaknya mendapatkan berbagai masukan. Salah satunya pembinaan tentang kesekretariatan dan dokumentasi laporan, serta melengkapi indikator RW Ramah Anak lainnya.

“Ke depan, akan kita lengkapi pojok baca dan alat permainan edukatif. Semoga usaha ini berbuah positif,” tutupnya.

Penulis : Pipin Nurullah
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :