pelatihan melukis menggunakan bahan_2

Warga binaan pada program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tahun 2015 RW 07, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung sedang belajar melukis di bahan, Senin (05/10/15)

depok.go.id – Sejatinya, kegiatan menggambar maupun melukis secara tidak langsung dapat melatih motorik halus setiap orang. Lewat menggambar, setidaknya ada empat kecerdasan yang dilatih, yaitu cerdas gerak, gambar, diri, dan cerdas bahasa. Cerdas gerak yakni saat seseorang membuat gambar, secara tidak langsung dia sedang melatih gerakan tangannya. Sementara, cerdas gambar adalah bagaimana orang tersebut bisa membuat berbagai bentuk yang mereka gambar.

Cerdas diri, melalui gambar seseorang bisa membuat gambar yang sesuai dengan imajinasi mereka. Adapun cerdas bahasa adalah mampu mengungkapkan apa yang ingin mereka katakan lewat apa yang mereka gambar.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh warga binaan pada program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera atau biasa disingkat P2WKSS tahun 2015, di RW 07, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Senin (05/10/15).

Ketua Pokja III PKK Kota Depok, Eni Fitri mengatakan, saraf motorik halus dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang berkelanjutan serta rutin.

“Dengan kegiatan seperti menggambar maupun melukis, dapat memberikan keterampilan dan motorik halus karena menggambar bukan hanya bentuk mengekspresikan diri. Lebih dari itu, menggambar adalah aktivitas intelektual, cara untuk memahami dunia, mengeluarkan pikiran dan gagasan setiap orang,” ujar Eni.

Dia juga menambahkan, pada dasarnya semua orang memiliki keterampilan menggambar sejak lahir dan pelatihan kali ini merupakan keterampilan dasar yang diberikan.

Semua aktivitas menggambar dan melukis dapat mengeksplorasi kreativitas, merangsang motorik dan fungsi kerja otak dalam belajar, karena otak dan otot merupakan hal yang saling sinergis. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :