laksamana cheng hodepok.go.id – Secara tiba-tiba muncul di perhelatan MTQ XVI Kota Depok seorang pria berjalan dengan gagahnya memakai pakaian kebesarannya yang mirip dengan legenda salah satu tokoh Islam . Dialah Laksamana Cheng Ho yang dikenal sebagai seorang pelaut muslim dan berhasil menyebarkan agama Islam di nusantara ini.

Penampilan teraebut ternyata dibawakan secara apik oleh rombongan kafilah dari Kecamatan Sawangan dalam pawai ta’aruf MTQ XVI Kota Depok. Pawai yang berlangsung di jalan raya Bojongsari itu berlangsung meriah dengan kreatifitas berbagai macam tema yang dibawakan oleh setiap kafilahnya.

Kecamatan Sawangan sendiri mengusung tema Unity In Diversity. Bahwa Islam menjadi rahmatan lil alamin, Islam pun saat ini sudah mendunia. Artinya meskipun berasal dari belahan dunia yang lain, namun umat Islam tetap dipersatukan dengan akidah yang sama. “Kami ingin menyampaikan pesan bahwa Islam sudah tersebar di seluruh dunia, dan semua dipersatukan dengan akidah yang sama,” ujar Camat Sawangan, Eko Herwiyanto didampingi sang istri dengan pakaian tionghoa lengkap mirip Laksamana Cheng Ho.

Selain menampilkan pakaian internasional, Kecamatan Sawangan juga menampilkan tarian sufi, dan mempertontonkan berbagai bangunan dunia seperti menara pisa, menara eifel, tembok cina, dan lain sebagainya yang menyimbolkan Islam sudah dapat diterima di negara-negara pemiliki keajaiban dunia tersebut.

Berbeda dengan Sawangan, dalam gelaran pawai ta’aruf yang diikuti ribuan peserta dan penonton itu Kecamatan Cinere menampilkan replika ondel-ondel yang diberi nama ‘ncang dan ‘ncing. Sedangkan Kecamatan Cimanggis mempersembahkan marawis, dan Kecamatan Cilodong membawakan keahlian atraksi pencak silat.

Pawai ta’aruf ini menandakan dibukanya secara resmi MTQ XVI tingkat Kota Depok. Tampak hadir di podium kehormatan yang menyambut para peserta pawai antara lain Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il, Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad, Dandim 0508 Santosa, Kepala Kemenag Kota Depok Kholik Mawardi, Kapolres Kota Depok, serta pejabat Kota Depok lainnya. Pawai berlangsung aman dan tertib. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim -Diskominfo).

Bagikan post melalui :