Camat Panmas Utang Wardaya (ketiga dari kiri) bersama Founder WARSO, Wahyu Indra (keempat dari kiri), saat peluncuran WARSO di di RW 02, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Panmas, belum lama ini. (foto istimewa)

depok.go.id-Camat Pancoran Mas (Panmas), Utang Wardaya, mengapresiasi terobosan aplikasi Warung Solusi Warga (WARSO) yang diciptakan warganya. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu mengangkat perekonomian dengan cara berwirausaha khusus untuk lingkungan RW.

“Konsep usaha WARSO ini simpel, namun fokus terhadap sasaran dan ini merupakan terobosan untuk merespons dinamika perkembangan serta situasi perekonomian warga,” ujarnya, usai kegiatan peluncuran WARSO di RW 02, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Panmas, belum lama ini.

Dikatakannya, banyak yang bisa disinergikan antara program pemerintah dengan WARSO. Salah satunya terkait pembinaan dan penguatan kelembagaan sosial RT/RW, Karang Taruna dan PKK. Terutama penguatan peran sosial ekonomi warga.

“Di kecamatan kami ada 107 RW beserta Karang Taruna-nya. Ini sangat potensial dalam menguatkan perekonomian secara kewilayahan di Kecamatan Panmas yang masih didominasi ekonomi, sektor kuliner. Di sini peran WARSO sangat relevan,” kata dia.

Sementara itu, Founder WARSO, Wahyu Indra mengatakan, WARSO adalah warung yang menyediakan usaha, sebagai solusi keuangan bagi tiap pengurus RW. Transaksi usaha tersebut juga dilakukan melalui sebuah aplikasi android bernama WARSO.

“WARSO bertujuan memberdayakan masyarakat agar mampu memperoleh keuntungan dari usaha yang murah dan mudah. Hasil keuntungannya akan digunakan untuk membiayai kegiatan di wilayah,” ucapnya.

Di sisi lain, kata Wahyu, pengetahuan dan kemampuan pencatatan keuangan menjadi sorotan di setiap pengurus RW. Untuk itu, WARSO juga akan mentransfer pengetahuan tentang pencatatan keuangan RW yang baik dan benar.

“Berdasarkan masalah tersebut, maka kami mencari solusi untuk menghadirkan bentuk usaha di lingkungan yang mempunyai margin yang cukup besar. Sehingga bisa mengisi kas setiap RW untuk menjalankan roda organisasi. Harapannya setelah RW mempunyai dana kas dari usaha WARSO akan membentuk koperasi di lingkungan RW masing-masing,” tutupnya.

Penulis:Vidyanita

Editor: Dunih

Bagikan post melalui :