Camat Pancoran Mas (Panmas), Utang Wardaya. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Camat Pancoran Mas (Panmas), Utang Wardaya, mengajak seluruh warga di wilayahnya untuk mengembangkan wirausaha. Selain untuk mengentaskan pengangguran, hasil dari wirausaha yang dikembangkan bersama bisa digunakan untuk membangun wilayah.

“Kami akan mengajak RW yang memiliki semangat membangun lingkungan untuk mengembangkan wirausaha. Hal ini penting untuk menghidupi kegiatan dengan dana yang dihasilkan agar lebih optimal,” ujarnya, di ruang kerjanya, Selasa (05/11/2019).

Dikatakannya, selama ini telah banyak program dan kegiatan baik dari pusat dan daerah yang bersentuhan langsung dengan lingkungan. Namun, terbatas dengan anggaran. Untuk itu, dengan banyaknya warga yang beriwirausaha dan dikelola bersama, diharapkan bisa membantu keuangan untuk berbagai kegiatan.

“Peran aktif warga menjadi salah satu faktor penentu pembangunan di wilayah. Untuk itu, ke depan kami akan rangkul agar setiap RW bisa menghidupi kegiatan dari anggaran yang dicari secara swadaya. Jadi, tidak melulu mengandalkan pemerintah,” katanya.

Utang Wardaya juga menyebut, saat ini di Kelurahan Depok tepatnya di RW 02, telah diluncurkan sebuah aplikasi Warung Solusi Warga atau WARSO untuk membantu perekonomian warga. Diakuinya, banyak yang bisa disinergikan antara program pemerintah dengan WARSO ini. Salah satunya terkait pembinaan dan penguatan kelembagaan sosial RW, RT, Karang Taruna dan PKK. Terutama penguatan peran sosial ekonomi warga.

“Di kecamatan kami ada 107 RW beserta Karang Taruna-nya. Ini sangat potensial dalam menguatkan perekonomian secara kewilayahan di Kecamatan Panmas yang masih didominasi ekonomi sektor kuliner. Ini saatnya RW bekerja sama dengan WARSO, agar bisa memberdayaakan ekonomi untuk kepentingan lingkungan dan masarakat,” ucapnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Bagikan post melalui :