Rechecking Lingkungan Bersih Sehat Kesrak PKK-KB Kelurahan Mekarjaya 5

Tim Recheking PKK KB Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nuraini Hesti Lestari, saat memberi sambutan di RW 07, Mekarjaya, Selasa (05/12/2017). (Foto: Bima/Diskominfo)

depok.go.id – Kampung Kreasi yang berada di Kelurahan Mekarjaya menjadi poin unggulan pada penilaian lomba PKK KB Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat 2017. Tempat tersebut memiliki masyarakat yang menciptakan berbagai kreasi untuk menerapkan perilaku hidip bersih dan sehat.

“Banyak kelebihan yang ditunjukkan oleh Kelurahan Mekarjaya dibandingkan wilayah lain. Misalnya, melalui inovasi warganya untuk mengajak berperilaku hidup bersih dan sehat,” jelas Ketua Tim Recheking PKK KB Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nuraini Hesti Lestari, saat ditemui di RW 07, Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, Selasa (05/10/2017).

Dikatakannya, berdasarkan hasil rechecking, Kelurahan Mekarjaya berhasil menjadi wilayah yang menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dimulai dari tempat tinggal. Selain itu, warga di RW 07 sudah biasa melakukan pemilahan hingga mendaur ulang sampah.

“Kreativitas masyarakat sangat tinggi, sampah yang dihasilkan dapat digunakan menjadi barang berguna. Diantaranya tas, dompet, maupun hiasan rumah. Tidak hanya itu, masyarakat juga menghasilkan manggot untuk pupuk,” jelas Nuraini.

Untuk indikator penilaian lomba PKK KB Kesehatan, lanjut Ketua Tim Recheking PKK KB Kesehatan, tidak hanya sekedar bersih dan sehatnya lingkungan saja. Namun, semakin kreatifnya masyarakat dalam menerapkan program tersebut, maka semakin besar nilai tambahnya.

“Seberapa besar partisipasi masyarakat dan kreativitas yang diciptakan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Kriteria tersebut yang kami nilai dan Mekarjaya semuanya sudah memenuhi unsur tersebut. Semoga Mekarjaya dapat menjadi juara,” pungkas Nuraini.

Penulis: Indri

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :