Wali Kota Depok Mohammad Idris. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id- Wali Kota Depok Mohammad Idris mengimbau kepada ketua RT, RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) agar turut serta melakukan pengawasan terhadap jajanan maupun makanan yang ada di wilayahnya masing-masing. Terutama, wilayah yang berdekatan dengan sekolah yang belum memiliki kantin.

“Ini berkaitan dengan naiknya status penyebaran kasus virus hepatitis A menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) dari sebelumnya KLB Parsial. Pengawasan dan pencegahan juga harus dilakukan sesegera mungkin,” ujarnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Mohammad Idris menjelaskan, sebagai mitra pemerintah, pihaknya mengharapkan ketua RT, RW dan LPM dapat membantu melakukan upaya preventif terhadap penyebaran virus hepatitis A. Misalnya, dengan mendorong sekolah yang belum memiliki kantin untuk segera membangunnya.

“Jika memang ada temuan mohon koordinasi dengan Puskesmas maupun kelurahan agar segera diberi tindakan. Karena virus ini sangat cepat menyebar. Bisa dari kurang higienisnya makanan dan kebersihan yang kurang,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, perlu juga untuk terus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS) dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan mencuci tangan setelah beraktifitas.

“Ketua RT, RW atau LPM bisa menyiapkan sabun serta air di tempat-tempat bermain. Atau memberikan edukasi kepada masyatakat untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Jose Marques
Diskominfo

Bagikan post melalui :