Minimnya minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan umum kini menjadi perhatian yang serius. Pasalnya saat ini banyak warga yang sudah nyaman menggunakan kendaraan pribadi. Hal itu menjadi salah satu pemicu kemacetan yang terjadi di Kota Depok.
Menanggapi hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok akan memberikan pelayanan yang lebih baik agar masyarakat nyaman dan mau menggunakan angkutan umum. Jasa yang akan diterima masyarakat yaitu adanya air conditioner (AC) pada kendaraan umum.
“Kami akan suguhkan kenyaman untuk warga Depok agar mereka menggunakan fasilitas yang ada,” tutur Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Lintas Batas Dishub, A. Zaini.
Sementara itu, mengenai kenyamanan dalam angkutan umum sudah tercantum pada Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada pasal 141 dijelaskan bahwa Angkutan Umum wajib memenuhi standar pelayanan minimal yang meliputi keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, dan keteraturan.
“Sudah jelas diutarakan pada UU yang berlaku bahwa kenyamanan harus diberikan agar masyarakat senang menggunakan prasarana yang tersedia,” tutup Zaini. (Indri/Diskominfo)
Bagikan post melalui :