jambore kebangsaan

Pelepasan Peserta Jambore Wawasan Kebangsaan di Lapangan Balaikota Depok, Senin (06/02/2017). (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.id –Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok memberikan pendidikan kebangsaan yang dikemas dalam Jambore Kebangsaan. Kegiatan yang diikuti 100 siswa-siswi SMA dan SMK di Kota Depok itu, ditujukan agar siswa memiliki wawasan kebangsaan yang memadai.

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, pendidikan yang diberikan tersebut dimaksudkan agar generasi muda di Kota Depok dapat memiliki wawasan kebangsaan yang baik. Selain itu, juga nantinya dapat menjadi duta kebangsaan bagi lingkungan sebayanya.

“Diharapkan melalui kegiatan ini pelajar dapat mendalami wawasan kebangsaan yang selanjutnya dapat disampaikan kembali kepada lingkungan sekitar,” tuturnya, Senin (06/02/2017).

Peserta yang terlibat dalam Jambore merupakan perwakilan dari pengurus OSIS, Pramuka, PMR, serta Paskibraka dari beberapa sekolah di Kota Depok. Nantinya, dari seratus peserta yang mengikuti pelatihan akan dipilih lima puluh orang untuk disertakan pada pendidikan dan pelatihan (Diklat) bela negara. Tentunya dengan materi yang lebih teknis.

Untuk pelaksanaannya sendiri berlangsung sejak 6 hingga 8 Februari mendatang di Hotel Panorama, Lembang, Bandung. Adapun pada pendidikan tersebut siswa siswi akan mendapatkan materi dengan tema berbeda-beda meliputi, Negara dan Sistem Pemerintahan Indonesia, Wawasan Nusantara, Mengenal Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG), Bhinneka Tunggal Ika, Pemuda dan Perubahan, serta (Focus Group Discussion) FGD dan Dinamika Kelompok.

Terakhir, Dadang berharap melalui pelatihan ini generasi muda di Kota Depok dapat memiliki pengetahuan lebih mengenai wawasan kebangsaan. Dengan begitu, nantinya dapat mempunyai kecintaan terhadap tanah air, kesadaran dalam berbangsa dan bernegara, serta dapat rela berkorban untuk bangsa dan negara.

“Semoga pendidikan ini dapat diikuti dengan baik oleh peserta Jambore agar nantinya pemuda di Kota Depok dapat turut serta membela bangsa dan negara,” harapnya.

Penulis: Indri

Editor : Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :