kepala sekolah smkn 2 depok

Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id –Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Depok menjadi SMK pertama di Kota Depok yang memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), dengan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). LSP ini mencakup fasilitasi penyiapan asesor, penyiapan Tempat Uji Kompetensi (TUK), dan penyiapan Materi Uji Kompetensi sesuai standar BNSP.

Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin menyebutkan, LSP ini untuk memberikan sertifikat kompetensi terhadap peserta didik di lingkungan SMK.

“Dengan adanya LSP ini diharapkan dapat memenuhi standar kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh kalangan industri dan usaha. Lulusan kami nantinya dapat terserap dalam dunia kerja,” jelas Tatang, Senin (06/02/2017).

Tatang mengaku, LSP yang berada di SMKN 2 Depok mempunyai tugas mengembangkan standar kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi, serta melakukan akreditasi tempat uji kompetensi dengan 8 asesor (penguji), di mana dua asesor untuk satu jurusan.

“Di sekolah kami ada jurusan Teknik Audio Video, Tenaga Listrik, Jasa Boga, dan Busana Butik yang kesemua jurusan itu telah lulus uji kompetensi. Sedangkan satu jurusan pendingin, karena skema kerjanya memang belum ada dari pusat,” ujar Tatang.

Dirinya menjelaskan, bagi para siswa setelah disertifikasi akan dikawal oleh pihak sekolah, sehingga dunia usaha merespons positif lulusan SMKN 2 Depok. Selain itu, karena LSP ini baru ada satu di Kota Depok, maka untuk SMK di luar SMKN 2 Depok bisa melakukan uji kompetensi di sekolah tersebut.

“Sertifikasi profesi ini simbol untuk mengantarkan siswa agar bisa bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” tutupnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :