Zakkya Fauzan

Lurah Tanah Baru, Zakkya Fauzan. (Foto : Istimewa)

depok.go.id – Meski berbatasan dengan Kali Krukut di sebelah barat dan Kalibaru di sebelah timur, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, hingga saat ini masih aman dari tanah longsor. Amannya warga dari musibah tersebut, karena letaknya telah memenuhi ketentuan Garis Sempadan Sungai (GSS).

Lurah Tanah Baru, Zakky Fauzan mengatakan, wilayah Kelurahan Tanah Baru dapat dipastikan bebas dari tanah longsor karena lokasi rumah warga yang berada di sekitaran kali tersebut memenuhi batas garis sempadan. Selain itu, dirinya selalu mengingatkan kepada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama di bantaran kali tersebut.

“Lokasi pemukiman warga yang berada di sebelah barat , berbatasan dengan Kali Krukut dan Kelurahan Grogol sudah memenuhi batas garis sempadan. Jadi, sangat jauh sekali jika ada tanah longsor ,” ujarnya, Selasa (06/02/18).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, sementara itu untuk perbatasan Kalibaru di sebelah timur, dibatasi dengan bahu Jalan Raya Tanah Baru, yang terus dilakukan penurapan oleh Pemerintah Kota Depok.

“Untuk antisipasi kami selalu memantau wilayah terutama saat hujan besar, agar memastikan di wilayah tersebut jauh dari bencana tanah longsor,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, langkah-langkah yang dilakukan Kelurahan Tanah Baru dalam mengantisipasi terjadinya tanah longsor di wilayah pemukiman warga dengan memberlakukan proses dan syarat perizinan bangunan yang harus memenuhi kriteria perizinan dan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“Selain terkait dengan perizinan, kami selalu ingatkan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan,  terutama sampah,” tutupnya.

Penulis: Dian Afrianti Kunto

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :