Sosialisasi bank sampah dari DLHK Kota Depok di Kecamatan Sawangan, beberapa waktu lalu. (Foto : Diskominfo)

 

depok.go.id-Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok berkomitmen terus meningkatkan jumlah bank sampah di sejumlah wilayah Kota Depok. Dengan langkah konkret ini, DLHK yakin bisa mweujudkan program Kota Depok Bebas Sampah Tahun 2020.

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, keberadaan bank sampah terus dioptimalkan, karena efektif mengurangi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

“Bank sampah di Kota Depok saat ini jumlahnya sudah mencapai 423 kelompok, dan akan terus kami tambah. DLHK juga rutin melakukan sosialisasi pemilahan sampah, agar masyarakat bisa ikut berkontribusi dalam pengurangan sampah,” ujar Ety di Balai Kota, Rabu (06/03/19).

Menurut Ety, kader bank sampah bertugas untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah. Hasil dari pengumpulan sampah tersebut, disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan atau pengepul sampah.

“Cara ini akan menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis bernilai jual. Mudah-mudahan ke depan, keberadaan bank sampah terus bertambah. Kami akan dorong, sampai semua RW di Kota Depok memiliki bank sampah, caranya dengan sosialisasi dan pemberian bantuan ember untuk pilah sampah,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :