depok.go.id – Upaya menurunkan angka kematian ibu dan anak di Depok mendapat dukungan dari semua pihak. Salah satunya dari kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) yang memiliki peran memantau perkembangan kehamilan ibu hingga proses persalinan.

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida mengatakan, kader PKK selalu berhubungan langsung dengan masyarakat dalam melaksanakan tugasnya. Seperti saat pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang berhadapan langsung dengan ibu dan balita.

“PKK sebagai ujung tombak di masyarakat maka diingatkan untuk terus memberikan pendampingan dan memantau perkembangan ibu hamil dan balita,” tuturnya saat menghadiri acara Workshop Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di aula lantai 1 Balai Kota Depok, Rabu (06/03/19).

Dikatakan Bunda Elly, sapaannya, kader PKK dapat lebih intens memantau perkembangan ibu hamil dengan mendatangi rumah warga. Ibu hamil akan diingatkan agar memeriksa kandungannya secara rutin.

“Selain itu, kara kader PKK juga terus mengawasi perkembangan ibu hamil yang memiliki risiko penyakit. Agar penyakit yang dialaminya tidak menganggu perkembangan janin dalam kandungan,” tuturnya.

Bunda Elly menambahkan, seluruh kader PKK diharapkan dapat maksimal dalam membantu menurunkan angka kematian ibu dan anak di Depok. Caranya dengan menjalin kedekatan dengan warga sekitar, terlebih kepada ibu hamil.

“Menurunkan angka kematian ibu dan anak perlu dukungan dari seluruh elemen. Semoga kader dan masyarakat dapat saling bersinergi,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :