DKUM Kota Depok saat mengadakan kegiatan Pembekalan Akses Permodalan Koperasi di gedung Balatkop, Rabu (06/03/19). (Foto: Jose/Diskominfo).

depok.go.id-Guna meningkatkan kapasitas usaha koperasi di Kota Depok, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok akan memfasilitasi akses permodalan bagi koperasi. Fasilitasi akses permodalan akan dilakukan melalui bursa modal pada bulan Juli 2019.

“Kita ingin para penggerak koperasi memperoleh akses permodalan seluas-luasnya, melalui beberapa lembaga keuangan baik perbankan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Koperasi Simpan Pinjam (KSP),” tutur Kepala Bidang Pengawasan dan Bina Usaha DKUM Kota Depok, Andi Kuswandi kepada depok.go.id, usai membuka kegiatan Pembekalan Akses Permodalan Koperasi di Gedung Balatkop, Rabu (06/03/19).

Andi menjelaskan, ada 50 koperasi yang difasilitasi akses permodalan. Namun, sebelum difasilitasi, pihaknya akan memberikan pembekalan terlebih dahulu agar pengurus koperasi memahami tata cara mengakses permodalan.

“Pembekalan ini tidak hanya pengenalan terhadap beberapa lembaga keuangan, tetapi kita akan memberikan pendampingan kepada koperasi mengenai cara membuat proposal usaha. Proposal usaha ini bisa mengukur potensi yang dimiliki setiap koperasi, sehingga nanti bisa diajukan kepada lembaga keuangan yang hadir di bursa modal,” ujarnya.

Selain itu, tambah Andi, pihaknya juga akan melakukan uji kelayakan bagi koperasi yang akan difasilitasi akses permodalan. Menurutnya, uji kelayakan ini guna menggali potensi yang dapat dikembangkan dari koperasi tersebut.

“Dengan upaya ini kita harapkan koperasi dapat memperoleh akses permodalan yang sesuai dengan potensi usahanya di bursa modal nanti,” ucapnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :