UNBK

Ilustrasi Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Depok (Foto: Istimewa)

depok.go.id- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Depok untuk tingkat SMK dilaksanakan dari Senin 03 April hingga Kamis 06 April 2017 di Kota Depok. Selanjutnya akan dilaksanakan UNBK untuk tingkat SMA dan SMP. Dalam pelaksanaan UNBK tersebut, Wakil Ketua Komisi D DPRD Depok, Hafid Nasir mendukung suksesnya pelaksanaan dengan menerapkan prinsip kejujuran kepada siswa.

“UNBK bisa memberikan penerapan prinsip kejujuran. Sebab soal UN dilakukan secara acak oleh sistem komputer. Selain juga memberikan kemudahan siswa dalam mengisi jawaban. Karena menggunakan komputerisasi tidak lagi dengan cara manual atau menggunakan pensil,” jelas Hafid Nasir kepada depok.go.id, Kamis (06/04/2017).

Menurutnya, dengan pelaksanaan UNBK maka hasil ujian nasional akan cepat diketahui secara online. Selain itu, penggunaan anggaran lebih efisien, karena dalam UNBK tidak membutuhkan kertas sehingga biaya tidak begitu besar untuk pencetakan soal ujian nasional hingga pendistribusian soal.

Dikatakannya, dalam persiapan menghadapi UNBK, para siswa harus mempersiapkan diri dengan melakukan try out dan evaluasi soal-soal ujian nasional terdahulu.

“Belajar dari soal ujian nasional terdahulu, sehingga bisa menjawab pertanyaan secara cepat,” ucapnya.

Hafid menambahkan, tidak kalah penting peserta UNBK juga harus terus beribadah dan berdoa. Agar dapat semakin tenang menghadapi pelaksanaan ujian nasional.

“Sebagai masyarakat yang religius, siswa sebaiknya tidak lupa untuk selalu berdoa dalam pelaksanaan UNBK maupun dalam aktifitas apapun,” tutupnya.

 

 

Penulis: Nur Afifah

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :